KUMPULAN RPP
IPA SMP
KUMPULAN RPP MATA PELAJARAN IPA SMP
KELAS VII SEMESTER GANJIL:
RPP MATERI BESARAN DAN SATUAN
RPP MATERI SUHU DAN PENGUKURAN
RPP MATERI ASAM, BASA DAN GARAM
RPP MATERI UNSUR, SENYAWA DANCAMPURAN
KELAS VII SEMESTER GANJIL:
RPP MATERI BESARAN DAN SATUAN
RPP MATERI SUHU DAN PENGUKURAN
RPP MATERI ASAM, BASA DAN GARAM
RPP MATERI UNSUR, SENYAWA DANCAMPURAN
RPP MATERI KALOR
RPP MATERI SIFAT ZAT DAN PERUBAHANNYA
RPP MATERI REAKSI KIMIA
KUMPULAN RPP MATA PELAJARAN IPA SMP
KELAS VII SEMESTER GENAP:
RPP MATERI PENGAMATAN OBJEK DALAM IPA
RPP MATERI GERAK LURUS
RPP MATERI CIRI-CIRI MAKLUK HIDUP
RPP MATERI KLAFIKASI MAKLUK HIDUP
RPP MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN
RPP MATERI EKOSISTEM
RPP MATERI KEPENDUDUKAN
RPP MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN
KUMPULAN RPP MATA PELAJARAN IPA SMP
KELAS VIII SEMESTER GANJIL:
RPP MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKLUK HIDUP
RPP MATERI BERBAGAI SISTEM ORGAN PADA MANUSIA
RPP MATERI BERBAGAI SISTEM DALAM KEHIDUPAN TUMBUHAN
RPP MATERI PARTIKEL MATERI
RPP MATERI BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN
RPP MATERI BERBAGAI ORGAN PADA MANUSIA
KUMPULAN RPP MATA PELAJARAN IPA SMP
KELAS VIII SEMESTER GENAP:
RPP MATERI GAYA
RPP MATERI ENERGI DAN USAHA
RPP MATERI TEKANAN
RPP MATERI GETARAN DAN GELOMBANG
RPP MATERI OPTIKA
RPP MATERI ENERGI DAN USAHA
RPP MATERI GETARAN DAN GELOMBANG
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMPN
1 NANGARORO
Kelas/semester :
VII/1
Mata Pelajaran :
IPA
Alokasi waktu : 2 X 40 menit
A. Standar
Kompentensi :
Memahami berbagai
sifat dalam perubahan fisika & kimia
B. Kompentensi
Dasar :
Melakukan pemisahan campuran dengan berbagai
cara berdasarkan sifat fisika & kimia
C. Indikator
:
1.
Mengetahui dasar pemisahan
suatu campuran berdasarkan perbedaan ukuran partikel dan titik didihnya
(sifat-sifat fisika & kimia) secara logis dan teliti.
2.
Melakukan percobaan untuk
memisahkan campuran dengan metode yang dipilih (antara lain : penyaringan,
distilasi & penguapan) secara teliti.
3. Melakukan percobaan sederhana menjernihkan air degan teliti.
D. Tujuan
Pembelajaran :
Peserta didik dapat :
1.
Menjelaskan dasar pemisahan
campuran berdasarkan sifat-sifat fisika antara lain : ukuran partikel dan titik
didih.
2.
Melakukan percobaan untuk
memisahkan campuran dengan metode : penyaringan, penguapan dan distilasi.
3.
Melakukan percobaan untuk
menjernihkan air.
E. Metode
pembelajaran
Model : Cooperatif learning
Metode : Demonstrasi, tanya jawab
dan eksperimen
F. Sumber
Belajar dan Alat
1. Sumber
Belajar
Buku SMP Kelas VII, Penerbit
ERLANGGA
2. Alat
ü Spidol
ü Papan
tulis (White board)
ü Penghapus
ü LCD
G. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Langkah-langkah interaktif:
1. Pendahuluan
·
Sapaan awal
·
Doa
·
Mengecek kehadiran
·
Motivasi
- Guru
menyampaikan tujuan pelajaran yang akan dicapai
- Guru
menginformasikan metode pembelajaran yang akan digunakan
-
· Pengetahuan
prasyarat / apresepsi
-
Apa yang dimaksud dengan
campuran?
2. Kegiatan Inti
v Eksplorasi :
Ø Guru membimbing peserta didik membentuk kelompok.
Ø Peserta didik secara kelompok mendiskusikan pengertian campuran
dan membuat kesimpulan sementara serta mengkomunikasikannya.
Ø Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi
yang benar.
Ø Guru memberikan informasi tentang dasar-dasar pemisahan campuran
berdasarkan sifat-sifat fisika dan kimia zat.
Ø Peserta didik melakukan eksperimen cara memisahkan campuran dengan
metode yang berbeda-beda pada tiap kelompok.
Ø Secara kelompok siswa mendiskusikan hasil eksperimen dan
mempresentasikan hasilnya pada kelompok lain.
v Elaborasi
:
Ø Siswa membentuk kelompok diskusi
Ø Guru mendemonstrasikan percobaan di depan
kelas, siswa memperhatikan dengan baik
Ø Guru memberikan pertanyaan tentang percobaan
yang sudah didemonstrasikan.
v Konfirmasi
Ø Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan tentang
materi dan percobaan yang sudah dipelajari
Ø Guru dan siswa bertanya jawab
3. Penutup
ü Guru bersama peserta didik melakukan diskusi kelas dari hasil
eksperimen kelompok.
ü Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan hasil belajar.
ü Guru memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi.
4. Penilaian
·
Menyelesaikan
soal-soal dari demonstrasi yang dilakukan oleh guru di depan kelas
·
Penilaian
Tes :
a. Prosedur : Post
tes
b. Jenis tes
: tertulis
c. Bentuk tes :
uraian
d. Instrumen tes :
terlampir
Mengetaui :
Kepala sekolah
SMAS Setiawan
Nangaroro
Videlis
Sawu, S.ag
Nip:
|
: Ende, 15 juni 2016
Guru
Mata Pelajaran
Yudista Tunga
NIM:
2013 26 0214
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar